RESENSI NOVEL FIKSI “MISTERI KAMPUNG HITAM”

nn

Judul Buku           : Misteri Kampung Hitam

Penulis                 : Yovita Siswati

Penerbit                : Kiddo

Tempat Terbit      : Jakarta

Tahun Terbit        : 2014

Tebal Buku          : 172 halaman

 

Misteri Kampung Hitam merupakan buku ke-7 dari Seri Misteri Favorit. Novel ini mengisahkan tentang petualangan seorang gadis bernama Julia bersama sepupu laki-lakinya, Arkan di Kota Purworejo.

Bab pertama novel ini dimulai dengan pria berambut jingga yang mendadak muncul di rumah Julia saat ia sedang berada sendirian di rumah, dilanjutkan dengan penemuan koper tua peninggalan kakek Julia, Mbah Ton. Koper tua tersebut ternyata berisi tumpukan piringan hitam, foto tua, dan gelang manik-manik yang aneh. Benda-benda itulah yang nantinya membawa Julia dan Arkan dalam peristiwa-peristiwa seru dan menegangkan.

Julia dan Arkan harus menghadapi orang-orang dewasa yang memiliki niat jahat. Seperti Wanita Seram bertubuh besar yang berusaha merampas gelang Julia, serta wanita cantik bersepatu stiletto yang misterius dan sama-sama tertarik dengan gelang tersebut. Ternyata gelang manik-manik tersebut adalah intan dari Sungai Birim, Afrika. Di saat yang sama, Julia dan Arkan mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan mengenai masa lalu Mbah Ton dan kota Purworejo yang memiliki banyak misteri.

Secara keseluruhan, isi buku Misteri Kampung Hitam ini menarik. Petunjuk yang ditinggalkan di setiap bab akan menimbulkan rasa ingin tahu untuk membaca bab berikutnya.

Berbeda dari cerita misteri pada umumnya. Kita tidak hanya disuguhkan cerita, melainkan juga pengetahuan sejarah dan budaya bangsa Indonesia. Misalnya pada zaman Belanda, di Purworejo ternyata terdapat Kampung Afrika yang dihuni oleh tentara KNIL berkulit hitam. Selain itu, buku ini mengggunakan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti. Namun ilustrasi yang disajikan kurang menarik untuk anak-anak dan remaja.

Misteri Kampung Hitam adalah buku yang unik, bahkan bisa disebut langka. Jarang sekali kita menemukan novel anak yang memiliki fakta-fakta khas Indonesia.

 

Yovita Siswati adalah ibu dari dua putri. Beliau adalah lulusan Teknik Arsitektur UGM yang bahkan tidak pernah memakai ilmu arsitekturnya. Selama 14 tahun berkarier, Yovita justru banyak bergelut dengan angka dalam pekerjaannya di perusahaan asuransi dan telekomunikasi. Sudah lebih dari tiga puluh buku cerita bergambar dan novel yang diterbitkannya. Satu tulisannya pernah pula muncul di rubrik Kompas Anak.

Yovi dibesarkan di Kampung Sewan, Tangerang. Sebuah kampung dengan budaya, penduduk dan sejarah yang unik. Kenangan masa kecilnya sewaktu menjelajahi kampung ini bersama teman-temannya menjadi inspirasi dalam buku ini.

 

cr : LONGLIVEGEM

 

Read more :

RESENSI NOVEL “TOTTO-CHAN”

IDENTITAS NOVEL LULU : SMA ELITE

RINGKASAN NOVEL LULU : SMA ELITE

UNSUR INTRINSIK NOVEL LULU : SMA ELITE

UNSUR EKSTRINSIK NOVEL LULU : SMA ELITE

KELEBIHAN & KEKURANGAN NOVEL LULU : SMA ELITE

2 tanggapan untuk “RESENSI NOVEL FIKSI “MISTERI KAMPUNG HITAM””

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s